Jurus Ampuh : Main Tembak ! :>


Kembali ! Aku kembali beraksi di belantara pemusikan, he2. Namun, kali ini aku tidak manggung di even kawinan atau even2 besar lainnya. Hari ini (Sabtu, 23/02/08)aku bermain piano tunggal di sebuah rumah yang sedang mengadakan acara temu keluarga besar, mengiringi berbagai acara ‘game’ dan tamu-tamu yang ingin bernyanyi.

Seperti biasa, aku tidak mempersiapkan utk mengiringi acara ini dengan baik. Aku tidak tahu harus memainkan lagu-lagu apa utk acara ini. Y udah, aku akhirnya mengandalkan ‘senjata pamungkas’-ku yaitu, ‘maen tembak’,he3. Maksudnya ‘maen tembak’ adalah memainkan lagu-lagu secara spontan dengan mengandalkan input nada-nada awal atau bagian kecil dari nada-nada lagu (yang dinyanyikan oleh calon penyanyi) dan sedikit hapalan lagu yang akan ‘dimaentembakkan’. Asal chord2 & nada2 pianonya mirip2 dikit dgn lagu aslinya, gpplah. Yang penting calon penyanyi bisa teriringi. Katanya banyak org sih, kemampuan ‘maen tembak’ ku ini luar biasa & banyak dipuji org. Sampe2 aku dijuluki teman-temanku sebagai ‘mp3 player berjalan’ yang bisa memainkan piano lagu-lagu apapun. Padahal, menurut pandanganku, klo mereka jeli sedikit, permainan piano ku dlm maen tembak sangatlah kacau, he3. namanya juga tanpa persiapan.

Di sana berkumpul keluarga besar ayah & bunda-nya akang egi, dari nenek2, bapak2, tante2, teteh2, kakak2, adik2, bayi2, semuanya deh. Hampir semuanya terlibat acara game yang diadakan oleh tuan rumah. Game yang pertama adalah oper2an kain (game ini lazimnya dimainkan pada acara2 ultah). Para peserta game duduk melingkar dan saling mengoper kain sembari diiringi oleh pianoku dengan musik ‘Balonku Ada 5’ versi maen tembakku, :> . Apabila lagu berhenti pada saat kain sedang dipegang oleh seseorang korban, maka korban tersebut akan dikenai hukuman. Ada yang kena hukuman disuruh bernyanyi, joget, dll. Kalo yang kena hukuman itu anak2/remaja sih itu sudah biasa. Tapi klo yang kena adalah emak2 dan babe2 yang postur tubuhnya segede kulkas sih, itu yang luar binasa, he3. Aku trus tertawa terbahak-bahak melihat adegan emak2 & babe joget dangdut goyang patah2 dan ngebor sambil diiringin musik piano dangdut.

Game yang kedua adalah membuat mumi. Para peserta disuruh berpasang-pasangan. Pasangan yg satu jadi muminya, sedangkan yang satu lagi merupakan tukang balut muminya. Satu pasangan hanya diberi 1 gulungan tisu dan harus habis dibalut semua. Ada seorang peserta yang nyeletuk dan bikin seruangan menggelegar tertawa, “Ya iyalah pasti habis! Yang jadi mumi badannya segede gentong begini !”.

Setelah acara game2 selesai, selanjutnya dilanjutkan dengan acara nyanyi2an. Yang paling membuat telinga panas adalah waktu ada 1 buah vocal group yang terdiri dari 3 cewe cilik (fiuh,, semuanya bandel2..) menyanyikan lagu DooBeDoo-nya Gita Gutawa. Ketiganya masing-masing menyanyikan suara 1, suara 2, dan suara 3 dimana ketiga suara tersebut tidak berkorelasi satu sama lain (alias fals, kata kerennya mah).

Begitulah pengalamanku bermain piano di acara keluarga yang benar-benar santai. Bagiku ini pengalaman baru. Aku jadi tidak terbebani dengan permainanku yang kacau. I enjoy that! So, tidak masalah mo ‘maen tembak’ terus selama berjam-jam juga. :>

One thought on “Jurus Ampuh : Main Tembak ! :>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s