Kuliah hiburan 5 SKS : FUTSAL


Sejak beberapa minggu ini, aq rajin bgt ikut2an maen futsal. Maennya setiap hari Sabtu jam 9 pagi s.d. jam 12 siang, trus jam 7 s.d. 9 malem dengan ‘penyelenggara’ yang berbeda pula. Puas bgt deh pokoknya maen futsal 5 jam dalam sehari (hebat bgt deh gue, pemain timnas futsal aja ga segitunya, he3). Tapi lumayanlah, ngebayar kebugaran selama 1 minggu, soalnya di hari lain selain hari sabtu hampir ga pernah bisa olahraga gara2 sindrom kuliah semester VI (weks..). Dengan ikut2an maen futsal ini, artinya jumlah sks kuliahku semester ini jadi nambah 5 sks deh (alias 5 jam) …

Iseng-iseng aq jelajahi internet, pengen tau kenapa sih maen bola di dalem ruangan tuh disebut ‘futsal’. Futsal merupakan istilah internasional untuk sepak bola ruangan yang merupakan singkatan dari bahasa Portugis yaitu futebol de salão atau bisa juga singkatan dari bahasa Spanyol yaitu Futbol Sala yang artinya ‘sepak bola ruangan’. Berdasarkan sumber dari http://internal.perum-sarana.com/modules.php?name=News&file=article&sid=154 futsal, futsal diciptakan di Montevideo, Urugay, tahun 1931, oleh Juan Carlos Ceriani (Hmm.. masuk akal juga yah, soalnya bahasa ibunya Urugay tuh Bhs Spanyol). Bola yang digunakan dalam permainan futsal ini ukurannya ga sama dengan bola lapangan gede. Ukurannya sedikit lebih kecil. Permainan futsal menekankan 3 aspek, yaitu kreativitas, improvisasi, dan teknik. (http://en.wikipedia.org/wiki/Futsal). Nah, skrg negara mana sih yang jadi rajanya futsal ini? bukan Spanyol, bukan Portugis, ataupun Urugay. Tapi, ya ga salah lagi, itu dah cerita lama, yaitu negara Brazil (Brazil lagi Brazil lagi). Malah, keterampilan pemain2 sepak bola dunia asal Brazil termasuk Pele, Ronaldo, Ronaldinho, Robinho, dsb, diasah pada permainan futsal ini.

Kompetisi internasional pertama Futsal diadain pd tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. 6 perebutan Piala Amerika berikutnya sampe tahun 1979, semuanya disapu bersih oleh Brazil. Selanjutnya, Brazil lagi-lagi menjuarai Pan Amerika 2 kali berturut-turut pada tahun 1980 dan 1984.

Kejuaraan Dunia futsal pertama diadakan oleh FIFUSA (Federación Internacional de Fútbol de Salón, International Futsal Federation) tahun 1982 di Sao Paolo, Brazil dan tuan rumah sendiri menjuarai kejuaraan tersebut. FIFUSA akhirnya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989 dan sejak itu FIFA mengambil alih penyelenggaraan futsal internasional.

Berikut ini daftar-daftar tentang tuan rumah kejuaran dunia futsal beserta pemenangnya.

PIALA DUNIA FUTSAL FIFA

1989 (di Rotterdam, Belanda): dimenangkan Brazil
1992 (di Hong Kong): dimenangkan Brazil
1996 (di Barcelona, Spanyol): dimenangkan Brazil
2000 (di Guatemala): dimenangkan Spanyol
2004 (di Taiwan): dimenangkan Spanyol.

PIALA DUNIA FUTSAL AMF

1982 (di Sao Paulo, Brazil): dimenangkan Brazil
1985 (di Madrid, Spanyol): dimenangkan Brazil
1988 (di Melbourne, Australia): dimenangkan Paraguay
1991 (di Milan, Italia): dimenangkan Portugal
1994 (di Argentina): dimenangkan Argentina
1997 (di Meksiko): dimenangkan Venezuela
2000 (di La Paz, Bolivia): dimenangkan Kolombia
2003 (di Paraguay): dimenangkan Paraguay.

FUTSAL DI ASIA

+ 45 Negara di Asia merupakan anggota dari AFC (Asian Football Confederation) Futsal.
+ 11% dari semua anggota adalah mempunyai liga futsal yang sangat mapan (Iran, Jepang, Korea Selatan, Thailand).
+ 8% dari semua anggota, contohnya Malaysia, Kuwait, Iraq , adalah negara-negara dimana futsal sudah berkembang.
+ Sisanya, termasuk Indonesia, adalah negara – negara dimana futsal sedang mulai berkembang dengan sangat pesat oleh karena itu mempunyai potensi besar untuk sarana bermain futsal.

Hei..hei, koq tulisannya malah jadi serius gini seeh?padahal tulisan ini aq masukin di kategori iseng2, he3.. Paling tidak, dari iseng2 ini aq mendapatkan satu hal, yaitu ternyata bakat-bakat besar pemain sepak bola Brazil ini banyak terasah di permainan futsal yang mementingkan kreativitas, improvisasi, dan teknik. Melihat animo masyarakat Indonesia saat ini, futsal merupakan olahraga yang sedang populer. Semoga banyak bakat2 besar pemain sepak bola diwakili anak-anak bangsa Indonesia di masa yang akan datang yang dapat terasah pada olahraga futsal :>

3 thoughts on “Kuliah hiburan 5 SKS : FUTSAL

  1. weee… maen futsal sehari 5 jam? aje gileee…

    tapi memang benar, futsal sedang naik daun di jakarta. gua juga gemar bermain futsal. malah ikutan klub amatir berjudul makara fc. anggotanya beragam, dari yang masih kuliah sampe yang udah buncit kayak gua, hahaha!!!

    salam kenal dan salam futsal!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s