Segores Pensil dapat Membuat Transistor Terkecil di Dunia!


Graphene, itulah nama materi yang dapat membuat transistor berukuran terkecil di dunia itu. Berdasarkan keterangan dari http://www.fisikanet.lipi.go.id/, Graphene berasal dari Grafit yang merupakan bahan baku untuk membuat pensil. Cukup dibutuhkan 10 buah atom Graphene dapat membuat sebuah transistor. Graphene ditemukan berkat kolaborasi antara Profesor Andre Geim dan Dr Kostya Novoselov

Dari jaman ke jaman sih, memang para ilmuwan bertujuan untuk terus menerus memperkecil ukuran transistor,terpengaruh dengan Hukum Moore yang mengatakan bahwa setiap 2 tahun sekali jumlah transistor pada prosesor akan meningkat sebanyak 2 kali.

Namun demikian, penemuan Graphene ini hanya sebatas pada penemuan bahan pengganti transistor saja, belum pernah diimplementasikan/dirangkai pada rangkaian sirkuit elektronika. Dan lagipula belum ada teknologi yang dapat memotong-motong bahan berukuran nano secara presisi. Paling tidak penemuan ini ke depan dapat menjawab tantangan untuk menciptakan prosesor terkecil dan tercepat di dunia.

Wah, gmn jadinya y nanti klo prosesor bener2 kecil bgt (ukuran nano)?? jadi takut ilang, he3

3 thoughts on “Segores Pensil dapat Membuat Transistor Terkecil di Dunia!

  1. sip lah dan mereka dapet nobel harga yg pantas, coz katanya “penelitian graphene tersebut membuka potensi pengembangan satelit, pesawat, dan mobil masa depan dengan material yang sangat kuat tetapi ringan. Selain itu, wujud material yang transparan juga berpotensi untuk digunakan sebagai layar sentuh, sel surya, dan komponen komputer yang lebih efisien” semoga saja benar😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s