Nilai-Nilai Kuliah Semester VI Dah Keluar Euy…!


Kemaren (Kamis, 13 Juni 2008), aku dpt informasi ttg nilei2 kuliahku (minus SBD) slm Semester VI dari Nanto via Messenger (thx Nanto ;p). Berikut ini hasil nilai di atas kertas yang ku dapat :

  • Jaringan Komputer (4 sks) = A x 4 = 16
  • Pemrograman Internet (2 sks) = A x 2 = 8
  • Manajemen Proyek Perangkat Lunak (2 sks) = A x 2 = 8
  • Proyek Perangkat Lunak (3 sks) = A x 3 = 12
  • Grafika (2 sks) = B x 2 = 6
  • Teknik Kompilasi (3 sks) = A x 3 = 12
  • Sistem Basis Data (3 sks) = ? x 3 = ?

Misalkan, asumsi kalo aku lulus semua mata kuliah semester VI, berarti kemungkinan terburuknya nilai kuliah untuk Sistem Basis Data adalah C (C x 3 = 6). Jadi, NR untuk semester ini = (16+8+8+12+6+12+6)/19 = 3.57. Alhamdulillah, lumayan deh. Naek 0.02 dari semester lalu.

(Latest news : tadi baru aj dpt kabar klo mata kuliah Sistem Basis Data ku ternyata dapet A )

Pas aku selesai ngitung2in ginian, tiba2 aku berpikir,”Ngapain sih ngitung beginian? Kenapa ga coba hitung2 kira2 ilmu apa aj sih yang dah nempel selama Semester VI ini?” Klo mo ‘menghisab’ diri sendiri, aq ternyata bener2 msh blm ‘berilmu’, apalagi ‘skillful’. Di semester VI ini memori otakku dah kyk ‘buffer memory’ aj, nyimpen informasi sementara aj, lebih tepatnya lagi pas saat ujian aja, he3…(sebenarnya bukan cuma di semester ini doank, semester2 yang sebelumny juga demikian, hiks3..)

Ini dia kira2 nilai yang ku dapat yang ‘bukan di atas kertas’ (penilaian Subjektif):

1. Jarkom

  • cuma tau bedanya Connection-Oriented ma Connectionless doank.
  • berhubung di tempat KP aku ditempatkan di divisi IT Network, karena keterbatasan ilmu, aq belum biasa ngebedain yang mana barangnya itu switch, hub, router, kabel UTP, dll. Trus aq jg belum bisa nge-Crimping kabel UTP.(jadi malu…) Selain itu, aq jg belum ngerti tentang Virtual LAN, padahal pas di cari2 di buku Jarkom ternyata ada materinya. Skema VLAN ini dipake di jaringan LAN seluruh kantor Indosat.
  • Nilai : D

2. SBD

  • Sekarang dah hampir lupa lagi syntax2 SQL..
  • Protokol utk nge-Lock tuh apa aja yah??
  • Nilai : C

3. MPPL

  • Jangankan mo mengelola perangkat lunak, mengelola diri sendiri aj belum beres, he3
  • dulu deliverables dokumennya ap aj yah?
  • Nilai : D

4. PPL

  • Sama sekali ga ngoding, tiba2 softwarenya dah jadi aj ;p
  • Cara pake netbeans & ngaktifin ‘Glashfish’ gmn yah?
  • wah, waktu uas, sequence & class diagram ny dulu use case yang mana yah?
  • tapi lumayanlah dah bisa bikin temen2 yang lain smgt bwt kerja, he3
  • Nilai : D

5. Teknik Kompilasi

  • Buat tabel parsing LR(1) langkah pertamanya gmn yah?
  • Buat program Parser (analisis syntax) gmn caranya?? soalny wkt itu ga ikut ngerjain
  • Nilai : C

6. Pemrograman Internet

  • Selama 1 semester, ngeliat muka Pak Riza cuma 3 kali, hiks2… tingkat kehadiran yg menyedihkan
  • Tapi, semua tugas berhasil dikerjain dgn baik..
  • Bisa coding pake PHP, Javascript, AJAX, atau buat aplikasi Client-Server sedikit2lah
  • Nilai : B

7. Grafika

  • klo disuruh orang, tolong coding-in algoritma Bresenham dari awal dlm tempo sesingkat-singkatny, pasti terbatah-batah deh. apalagi mo coding-in teknik2 penggambaran grafis yg laen…
  • dasar malu-maluin, masa ngecek tetangga-tetangga di sekitar rumah kita aj ga bisa, padahal tinggal ketok pintu aj, he3…
  • Nilai : C

Dari segi ilmu yang didapat, ternyata masih banyak kuliah2ku yang ga lulus. ‘NR’-nya pun demikian buruknya. 2.75 aj ga nyampe. Jadi, apalah artinya nilai di atas kertas kalo kenyataannya begini…Padahal, nilai di atas kertas hanyalah sebagai ‘bonus’ (kata Pak Adi juga begitu). Klo begitu, lebih baik yang nilai di atas kertasnya rendah namun banyak ilmunya. So, beruntunglah teman2 yang maha ‘berilmu’ lagi maha ‘skillful’, terlepas dari berapapun nilai NR-nya. Karena, yang bisa dipake buat beramal itu ilmunya, bukan ‘NR’-nya..

11 thoughts on “Nilai-Nilai Kuliah Semester VI Dah Keluar Euy…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s