Prof. Dr. Andrivo Rusydi, syapa itu??


Saatnya,, mengenal lebih jauh salah satu ‘berlian’ dari tanah air. Mulai saat ini aq bakal sering2 menulis profil tenang orang-orang yang mengharumkan nama tanah air, biar bisa nyaingin berita gosipnya para selebritis, he3.. Lagian dengan mengetahui berita ttg profil para ‘berlian’ tanah air akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan mendengar kabar fitnah/ghibah gosip para selebritis (maaf,rada keras..)

Dr. Andrivo RusydiPasti pada ga kenal khan dg Prof. Dr. Andrivo Rusydi??(niy, ada fotonya di samping ) Padahal di kancah internasional kakak kita ini (hehe, sok akrab…) terkenal bgt sebagai ilmuwan yang tengah melakukan penelitian di 3 negara, yaitu Amrik, Jerman, & Singapura. Kakak qta ini lahir di Sumatera Barat 22 tahun yang lalu ini, di usianya yang masih sangat muda dah jadi visiting professor bidang fisika di Universitas Hamburg, dan peneliti tetap di University of Singapore.

Kak Andrivo menempuh kuliah S1 di jurusan Fisika ITB (masih satu almamater nih ye..), lulus tahun 1998. Kemudian melanjutkan S2 & S3 di Rijuniversiteit Groningen, Belanda. Sembari kuliah di universitas yang sama, kak Andrivo melakukan penilitian di National Synchroton Light Source (NSLS) of Brookhaven National Laboratory (BNL), Amerika Serikat, sejak tahun 2001.

Di University of Singapore, Kak Andrivo tlah menjadi peneliti tetap. Riset inovatif yang dilakukannya di Hamburg berkisar di bidang energi soft X-ray scattering. Di dunia, tidak banyak ilmuwan yang berpengalaman di bidang tsb.

Belakangan ini, Kak Andrivo juga tengah meneliti di Universitas Hamburg, Jerman. Penelitian yang dilakukannya adalah mengenai nano-structure. Kak Andrivo beruntung dapat melakukan penelitian di Univ. Hamburg karena di sana memang giat mengadakan penelitian free electron laser yang pertama dan satu-satunya tempat di dunia dengan fasilitas Hasylab yang memberikan kesempatan untuk meneliti sesuatu yang baru. Selain meneliti, Kak Andrivo juga ditawari mengajari di Uni Hamburg untuk mata kuliah Advanced Solid State Physics di Jurusan Fisika.

Hmm, emang hebat ya kakak kita yang satu ini. Kapan kita menyusul nih?? Semoga terinspirasi.. :>

6 thoughts on “Prof. Dr. Andrivo Rusydi, syapa itu??

  1. assalamu’alaikum wr.wb.
    salam kenal
    klo boleh tau masnya tau dari mana profil pak Andrivo.
    bulan november kmrn Bpknya seminar dikampusq, di Fisika MIPA ITS.
    Bpak Andrivo temennya salah satu dosenq.

    wassalam

  2. subhanallah…Dialah yang akan meninggikan derajat orang beriman sekaligus berilmu pengetahuan..sebetulnya sudah sejak di jerman dulu saya mengikuti perkembangan uda Andri ini, tp memang belum berkesempatan untuk bercengkrama dengannya..smoga stelah di singapura ini kesempatan semakin dekat…salut buat uda Andri yang sudah ikut memotivasi saya dan orang muda Indonesia lainnya..bangkit negeriku, karena harapan itu selalu ada!

  3. wah… apa bener nih ceritanya..?
    umur 22 th? bohong banget tuh?

    yg aq tahu, orang ini ‘sangat’ besar omong, terlalu sangat meng UPGRADE tentang dirinya, bagi orang yg udah kenal agak lama, jadi tahu banget siapa DIA sebenarnya. Semoga DIA ditunjukkan jalan yang lurus… BERTOBAT LAH !!!!!

  4. Saya tahu memang betul dia dapat Profesor umur 31 tahun,mungkin maksud Besta 32 tahun,jadi salah tulis 22 tahun.sorry ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s