Bahan-Bahan untuk Membuat Zombie..


Lagi ngelamun abis makan siang, tiba2 keingetan Zombie, he3.. (makanya jangan suka ngelamun).Jadi keinget juga suatu artikel yang aku pernah baca dari suatu ensiklopedia.

Pernah nonton film Zombie? Pasti sering. Waktu aku kecil, banyak bgt judul film yang mengisahkan “mayat hidup” ini. Salah satu judul yang terkenal adalah “Tales of The Undead”. Apakah Zombie ini hanya sekedar mitos ataukah kenyataan? Nah, inilah kejutannya. Perlu diketahui bahwa Zombie di dunia nyata itu benar-benar ada.

Zombie sebenarnya berasal dari pulai Haiti di Karibia. Mereka adalah orang-orang mati dan kemudian dihidupkan kembali oleh pendeta voodoo, dan dimanfaatkan untuk dijadikan budak selama sisa hidup mereka yang sangat menyedihkan. Tapi (te2p aj ada tapinya ;p), orang-orang mati yang menjadi Zombie sebenarnya tidak sepenuhnya ‘mati’. Cuma, mereka dibikin tampak ‘kayak orang mati’. Mereka bisa bergerak, makan, mendengar, ngomong, namun mereka ga punya ingatan dan wawasan tentang kondisi mereka sendiri.

Ada sebuah kasus dimana seseorang yang telah menjadi Zombie tersadar kembali menjadi manusia normal. Pada tahun 1962 di Haiti, seorang laki-laki yang bernama Claivius Narcisse dijual kepada seorang tuan Zombie oleh saudaranya. 2 tahun kemudian, si tuan Zombie pun meninggal dunia dan ia mengembara melintasi pulau dalam keadaan linglung selama 16 tahun. Setelah itu, pengaruh obat-obatan yang ada pada dirinya berangsur-angsur menghilang. Pada tahun 1980, Claivius tidak sengaja menemukan sodara perempuannya di pasar dan mengenalinya. Awalnya saudarinya tidak mengenal dirinya. Namun setelah Claivius menceritakan berbagai pengalaman mereka pada waktu masa kecil yang hanya mereka sendiri yang tau, akhirnya saudarinya percaya.

Dr. Wade Davis, ahli etnobiologi dari Harvard University, pergi ke Haiti untuk menyelidiki cerita ini dan menemukan proses pembuatan Zombie. Adapun bahan-bahan kimia dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Sediakan seseorang untuk dijadikan Zombie.
  2. Buat ia “tampak mati”. Caranya adalah dengan memaksa dia memakan bahan kimia yang terbuat dari campuran kulit katak dan ikan puffer. Kalaupun tidak dimakan, cukuplah dioleskan ke kulitnya, terutama pada kulit yang lembut dan tidak rusak di bagian dalam lengan dekat sikut. Namun efeknya kurang maksimal.
  3. Buat ia “gila” dengan cara memaksa dia memakan pasta yang terbuat dari datura (rumput jimsons).

Gampang kan? Tapi tunggu dulu. Nah, pertanyaannya, emang siapa yang tulus ikhlas bersedia mengorbankan badannya untuk dijadikan Zombie?? Ternyata di Haiti kebanyakan Zombie dibuat dari orang yang sudah dikuburkan, namun belum sepenuhnya meninggal. Karena udaranya yang sangat panas di Haiti, orang yang sudah dianggap meninggal akan segera dikuburkan agar tidak membusuk. Padahal, belum tentu orang tersebut sudah meninggal sepenuhnya, bisa saja dia masih pingsan, koma, mati suri, atau sebagainya. Keadaan ini dimanfaatkan oleh para tuan Zombie untuk menggali kuburan dan mencari-cari orang yang masih ‘hidup’ lalu dengan segera ia memberi ramuan kulit katak dan ikan puffer untuk semakin memperlambat aliran darah dan detak jantung ditambah dengan ramuan rumput jimpsons untuk menghilangkan ingatan dan memutus hubungan si calon Zombie dengan realitas, bahkan hingga tidak mengenali dirinya sendiri. Kemudian, Zombie ini akan dijadikan budak, biasanya bekerja di perkebunan tebu. Jika para Zombie seakan-akan terlihat mulai pulih, maka tuan Zombie memberikan kembali ramuan rumput jimpsons.

Analisis Kimia Pembuatan Zombie

1. Kulit Katak

Kulit katak yang biasa disebut bufo bufo bufo dapat membunuh -terutama jika katak telah merasa terancam. Ada 3 kandungan kimia pada kulit katak yaitu biogenik amina, bufogenik, dan bufotoksin. Salah satu efeknya adalah menghilangkan rasa sakit lebih kuat dari kokain.

2. Ikan Puffer

Di Jepang, ikan puffer dikenal dengan nama fugo. Racunnya disebut “tetrodotoksin” yaitu racun syaraf yang mematikan. Efeknya lebih kuat 160000 kali dari kokain. Banyak kasus dimana ada orang yang sadar setelah dinyatakan mati selama beberapa hari akibat memakan racun ini.

3. Datura(rumput jimpson)

Datura mengandung bahan kimia antropin, hyoskiamin, dan skopolamin, yang dapat bereaksi sebagai halusinogen kuat jika diberikan dalam dosis yang tepat. Selain itu, zat-zat kimia ini juga dapat menghapus ingatan, menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

Dengan demikian, ahli kimia yang membuat ramuan Zombie ini haruslah benar-benar terampil agar menimbulkan efek samping yang menyebabkan kematian para calon Zombie, karena perbedaan antara orang ‘mati’ dengan orang yang ‘tampak mati’ sangatlah tipis.

Bagaimana?? Tertarik membuat Zombie sendiri di rumah? hahahaha. sebaiknya don’t try this at home !

Sumber :

  • Caulfield, Catherine, “The Chemistry of The Living Dead”, New Scientist, 15 Desember 1983, hlm. 796.
  • Isbister, Geoffrey K. dkk., “Puffer fish poisoning : a potentially life-threatening condition”, Medical Journal of Australia, 2/16 Desember 2002, hlm. 650 – 653
  • Kruszelnicki, Karl Dr.,”Great Mythconceptions”, HarperCollins Publishers Pty Ltd, Australia, 2004

28 thoughts on “Bahan-Bahan untuk Membuat Zombie..

  1. trus si tuan zombie itu harus bongkar2 kuburan dulu dong, meriksa mana yang masih setengah hidup mana yang nggak

    eh btw, si clavisius itu dijual dalam keadaan bentuk zombie atau gimana?

  2. @ray rizaldy : yap, setau gw klo ga salah tuan zombie tuh punya tim utk bongkar2 kuburan, ckckckc….klo si clavisius, dya dijual ma ortunya masih dalam bentuk manusia, gara2 ortunya ga punya duit buat nebus tanah.masuk akal juga sih. si tuan zombie pasti seneng-seneng aj di kasih manusia gratis. btw, koq bisa2nya ya ada ortu kyk gitu?

    @nenyok : asal jgn gw yak :>

  3. tlong dong gw pengen alamat d mn bsa mendapatkan katak, ikan dan rumput nya yg utk bhan membuat zombie tersebut…ok trims

  4. Ghifar@ Kan ini Indonesia…. Gk mungkin lah bikin zombie di ambil dari kuburan…
    sedangkan lewat kuburan aja orang udah ngibrit. apalagi di bongkarπŸ™‚ … Kocar kacir kaliπŸ˜€

    1. itu beneran di kisah orang afrika yg dianggap namanya “vodoo” cmn sih gak masuk akal aja ya kayaknya, ane lebih percaya kalo pake virus or something like prion ._.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s