Selamat Tinggal Cerita Lama.. Saatnya Memasuki Sejarah Baru


Dua hari yang lalu (22 Oktober 2010) resmilah gw merampungkan studi master. Ntah kenapa wisuda kali ini terasa ga begitu “sakral”, mungkin karena masih segar ingatan tepat 1 tahun yg lalu di wisuda terakhir kali. Dan mungkin ditambah faktor gw datengnya telat & pulang lebih awal :p *yaaah,, jadi ga ikut foto-foto angkatan deh (lonely)*. Namun, ada hal yang berbeda yang gw rasain dibandingkan kelulusan waktu S1. Selama 1 tahun kebelakang dalam menempuh studi S2, banyak sekali tantangan-tantangan yang dianugerahi oleh Tuhan yang harus gw hadapi. Dibandingkan studi S1 yang memakan waktu 4 tahun, studi S2 yg hanya menghabiskan waktu 1 tahun dirasa jauh lebih sulit ditempuh dgn adanya anugerah tantangan tersebut. Selain itu, ada cerita penting dan menarik dibalik perjalanan selama studi S2 ini yang suatu saat insyaAllah gw bagi-bagi ceritanya🙂 Hal2 tersebutlah yang menjadikan kelulusan S2 memiliki makna tersendiri buat gw ^_^

Rasa syukur yang tiada habis-habisnya ditujukan kepada Sang Maha Pengasih yang telah melangkahkan kaki gw untuk mampu mendaki tangga ilmu pengetahuan hingga di titik sekarang ini. Anugerah dan karunia-Nya pulalah yang mampu menggerakkan gw untuk menyelesaikan penelitian tesis yang berjudul “Sistem Pembelajaran Improvisasi Musik Jazz dengna Pendekatan Jaringan Saraf Tiruan” sebagai syarat kelulusan tingkat pendidikan pascasarjana di program studi Teknik Informatika ITB. Semoga apa yang dikerjakan mampu bermanfaat bagi kepentingan akademis, seni, ataupun kehidupan sosial masyarakat seperti halnya yang dicita-citakan oleh kampus ITB.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kedua orang tua & keluarga gw tercinta yang telah memberikan segalanya serta tak henti-henti mencurahkan kasihnya. Terima kasih pula kepada Pak Dwi (sebagai dosen pembimbing) yang telah banyak mencurahkan waktu dan pemikirannya dalam memberikan bimbingan, ide, saran serta perhatiannya selama pengerjaan tesis; kepada Pak Santika (selaku dosen wali) yang telah mengantarkan perjalanan gw selama kuliah S2; kepada Pak Imam dan Pak Oerip (selaku dosen penguji) yang telah memberikan perhatian, masukan, kritik, dan saran untuk memantapkan penelitian tesis; semua dosen yang gw kenal yang telah mengisi hari-hari gw dengan siraman ilmu serta dukungan moril; semua para responden yang telah bersedia meluangkan waktu untuk menguji hasil pekerjaan gw; teman-teman komunitas musik, khususnya ITB Students Orchestra, SS Coast Family, Sai & The Funky Bunch, Ch. Abimanyu & Friends, yang gw anggap sebagai keluarga kedua gw dimana mereka telah menjadi sumber inspirasi buat gw; semua sahabat kampus ITB, khususnya sahabat2 Pacifist yang telah menjadi sahabat yang luar biasa bagi gw; terakhir, kepada seluruh pihak lainnya yang ga sempat gw sebutin satu-persatu di sini *maaf -___-*.

Dengan demikian, berakhirlah sudah salah satu fase kehidupan gw. Terima kasih ya Allah atas semua nikmat yang Engkau berikan. Apalagi rencana indah yang akan Engkau karuniai? :D  Tak lupa pula gw ucapin selamat kepada semua sahabat yang juga lulus di bulan Oktober ini, khususnya kepada para pejuang pacifist (baik yang S1 maupun yang fasttrack S2). Semoga mampu terus berkarya kedepannya. Kepada teman-teman yang hingga saat ini masih berjuang, semoga dimudahkan Tuhan dalam menyelesaikan peperangannya🙂

Selamat tinggal cerita lama….  saatnya memulai sejarah baru🙂

P.S. : sebagian dari tulisan ini disadur & di-edit dari Kata Pengantar yang ada di tesis😉

Leave a Reply

