Sedikit Cerita tentang Indonesia Mencari Bakat


Waaah, ternyata IMB dah ada pemenangnya ya? Selamat deh buat Klantink😀 Selamat juga dan sukses selalu buat peserta lainnya yang telah memberikan warna hiburan tersendiri untuk segenap rakyat Indonesia. Semoga tetep kreatif dan ga pernah berhenti untuk berkarya🙂

Ceritanya apa nih?😀 nah, jadi gini.. sekitar 2 bulan lalu, gw bahkan masih ga tau acara IMB itu apa dan kayak gimana *bener2 ga gaul :P*. Sebelumnya gw cuma sering aja denger omongan orang ttg acara IMB dan para pesertanya yang cukup menghebohkan *sebut saja Hudson, Putri Ayu, Klantink, Brandon, JP Millenix, dll, … nama sebenarnya😉 *, tapi gw sendiri sama sekali belum pernah nonton acara tsb. Gw baru ‘ngeh’ ttg acara IMB itu apa ketika ada seorang teman yg bilang kalo acara itu mirip American Got Talent (doh). hehe… Tapi inti ceritanya bukan ini sih sebenernya. Jadi, sekitar 2 bulan lalu itu pula *pas bulan puasa* gw tiba-tiba diajakin Pak Christopher Abimanyu ke TransTV buat bantuin ngelatih 2 orang peserta yang dibimbing beliau, yaitu Putri Ayu dan Hudson. Selanjutnya, hampir setiap hari Kamis gw berangkat ke TransTV.

Di hari kamis pertama gw ke TransTV, gw & Pak Abi langsung menuju ruang tunggu, nungguin Putri Ayu, Hudson, dan para kru IMB tiba di TransTV. Ternyata budaya ‘ngaret’ pun tetep berlaku di dunia pertelevisian. Hampir 2 1/2 jam kita nunggu mereka-mereka itu dateng. Jadwal latihan yang harusnya dimulai dari jam 10 pagi akhirnya baru bisa dimulai jam 12 siang. Dan yang ditunggu pun datang juga. Gw dikenalin oleh Pak Abi dengan Putri Ayu, mamanya  Putri Ayu, dan Hudson.. *dek Putri cantik juga ya, hihi (blush)*. Ga lama setelah perkenalan dan ngobrol2 singkat, kita langsung menuju studio musik di TransTV yang berada di lantai 6.

Pak Abi memulai latihan dengan melatih dek Putri terlebih dahulu. Setelah melakukan pemanasan vokal ala nyanyi seriosa, dek Putri diminta nyanyiin lagu-lagu yang bakal dibawain buat di hari minggunya dan gw diminta ngiringin dek Putri. Kalo ga salah sih lagu-lagu yang bakal dinyanyiinnya yaitu I Feel Prety dan Badai Pasti Berlalu. Selama latihan 2 lagu itu, berkali-kali Pak Abi ngejelasin ke dek Putri tentang bagaimana teknik pernapasan perut yang baik sehingga mampu men-‘support’ nada-nada tinggi, bagaimana mimik mulut yang benar agar artikulasi vokal menjadi lebih jelas, dsb.. *gw pun ga gitu ngerti *. Tampak oleh gw kayaknya Pak Abi agak kerepotan buat ngelatih dek Putri yang rada sedikit “bandel”, hehe.. maklumlah masih anak2😀. Tapi menurut gw,untuk seusia dek Putri ini, mampu menangkap, mempelajari, dan menerapkan teknik-teknik vokal klasik yang kompleks itu sudah merupakan suatu hal yang luar biasa. Setelah melatih teknik vokal, pak Abi menyerahkan latihan tambahan untuk dek Putri ke gw. Gw ditugasin untuk memberikan masukan mengenai variasi nada-nada vokal supaya lebih dinamis & ga terlalu mirip dgn lagu aslinya, hehe… *sebenernya gw bingung harus digimanain lagi tuh lagu*. Beres ngelatih dek Putri, kita semua istirahat sejenak dan makan siang di food court yang ada di TransTV. Yak, berhubung bulan puasa dan cuma gw sendiri diantara mereka yang muslim, di food court gw bener2 jadi nyamuk yang cuma bisa ngeliatin makanan, ahaha… Eh eh, di food court itu pula kita ketemu dengan Klantink dan seorang bocah lucu & imut.  *akhirnya gw tau juga yg namanya grup Klantink dan Brandon :-o*. Gw pun dikenalin oleh mas Hudson dengan salah satu anggota Klantink *lupa siapa namanya* dan juga Brandon.

Setelah istirahat makan siang, tibalah giliran Hudson yang akan dilatih. Karena karakteristik vokalnya mas Hudson bukan seriosa, Pak Abi ga banyak ngasih masukan tentang teknik2 vokal klasik, ga kyk waktu Pak Abi ngelatih dek Putri. Porsi latihan mas Hudson pun cuma sebentar, malah kebanyakan ngobrol2 & bercandanya, hehe…  Selain itu kata pak Abi, untuk masalah teknik vokal, mas Hudson sudah memiliki kemampuan teknik yang sangat mumpuni sehingga ga perlu banyak yang harus diajarin lagi, tinggal masalah pernapasan perut aja yang perlu dibiasain lagi.

Seberes mas Hudson menyelesaikan sesi latihan dg pak Abi, gw pun ngobrol banyak hal dengan mas Hudson. Ia pun nanya tentang kegiatan gw, gw pun cerita bahwa gw mahasiswa IF ITB yang juga ngasuh orkestra (ISO) di kampus. Gw juga  basa-basi nawarin ke mas Hudson apakah nanti bersedia kalo kapan2 diundang nyanyi bareng ISO. Ia pun menjawab, “wah aku seneng banget kalau nyanyi sambil diiringin orkestra. ditunggu ya undangannya :D”. Gw jawab lagi, “Siiiip.. nanti kita atur waktunya :)” *dalam hati gw, asal nawarin harganya jangan mahal2 ya mas, masih kantong mahasiswa soalnya, hehe*. Setelah ngobrol panjang lebar ke sana kemari, akhirnya gw pun tau kalo ternyata mas Hudson memang sudah berstatus penyanyi profesional sebelum mengikuti acara IMB. Dia memang udah sering nyanyi di berbagai kota, di acara2 wedding dan berbagai acara ultah perusahaan, dengan konsep Hudson & Jessica. Ikut IMB motivasinya sekadar menaikan nama & harga jual. Ide Hudson & Jessica muncul karena dia merasa dia punya range suara yang sangat panjang, bisa mencakup range suara cewe maupun cowo. Dari pembicaraan gw sama mas Hudson, gw menarik kesimpulan kalo orang ini memang bener2 seniman sejati yang ga pernah kehabisan ide-ide segar & selalu kocak😀.

Selanjutnya mas Hudson cerita bahwa sekali-kali dia pengen manggung dengan konsep paduan suara dimana paduan suara tersebut Hudson & Jessica semua yang nyanyinya, tapi kepentok dengan aransemen.  Akhirnya konsep tersebut terwujud di acara IMB 2 minggu berikutnya dimana mas Hudson menyanyikan lagu I’ll be There dan gw sebagai choir arranger *lagunya tetap di-arrange oleh mas Vicky Sianipar*. Videonya ada di bawah ini :

Yup, kira-kira gitulah cerita singkat mengenai pengalaman gw selama terlibat di IMB. Walaupun singkat *total hanya 3 kali gw ke TransTV*, cukup banyak pekerjaan &  pengalaman menarik yang gw rasakan *termasuk mengetahui ada permainan ‘politik’ tersendiri yang dilakukan pihak stasiun TV dalam pengumpulan suara via SMS dari pemirsa yang ga akan gw bahas karena gw sendiri pun masih ragu itu bener apa ga, hehe*.  Dan pastinya memang ga bakal lama karena gw baru terlibat waktu mendekati babak grand final. Khusus untuk mas Hudson & dek Putri, mudah2an ga kecewa karena ga jadi juara I. *toh pengambilan keputusan suara pun masih misterius, hehe*. Mudah2an kita2 semua masih bisa menyaksikan penampilan mas Hudson & dek Putri di lain kesempatan.

Inilah sedikit kenang-kenangan foto yang diambil dari kameranya mas Hudson *kapan ya gw punya kamera sendiri :P*.

Kenang-kenangan lainnya yaitu berupa arsip partitur choir lagu I’ll Be There yang dibaca & dinyayiin oleh mas Hudson waktu ngerekam suara paduan suaranya di studio

Partitur Choir lagu I’ll Be There *bagi yang mau mempergunakan lagi silakan aja😀 *

Sekian cerita tentang IMB-nya🙂

4 thoughts on “Sedikit Cerita tentang Indonesia Mencari Bakat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s