Makan tanpa nasi


Tadi siang saya bersama istri makan siang di suatu cafe daerah komplek Arcamanik. Cafe tersebut sekaligus merupakan tempat cuci motor, cuci helm, taman bacaan, madrasah diniyah (banyak banget ya fungsinya :D).  Kapan-kapan nanti saya akan coba nge-blog detail mengenai cafe tersebut yang “kesan pertama menandatangi tempat tersebut begitu menggoda”, hehe..

Selagi menunggu makanan datang, saya melihat-lihat taman bacaan dan mengambil salah satu buku bertema seputar nutrisi, gizi, diet, dan food combining (lupa judulnya apa). Membaca sepintas isi buku tersebut, saya mendapatkan informasi bahwa menurut penulis banyak salah kaprah yang dipahami oleh masyarakat secara luas mengenai gizi dan diet. Salah satu contohnya mengenai menu makanan 4 sehat 5 sempurna yang sebenarnya tidak begitu seimbang kandungan nutrisinya. Menurutnya, menu 4 sehat 5 sempurna ala Indonesia yang selama ini kita ketahui masih terlalu bamyak kandungan lemak. Selain itu mengenai beras putih, menurutnya pula bahwa beras putih merupakan sumber hidrat arang yang relatif lama dicerna serta masih kalah kandungan gizi dibandingkan jagung, beras merah, kentang, dan beberapa buah-buahan. Beras putih hanya sekadar bikin kenyang namun kurang asupan gizi.  Hal lainnya yang juga sempat saya baca adalah mengenai perbandingan kombinasi antar makanan yang baik dengan yang.buruk.

Sedikit terpengaruh dengan bacaan tersebut, akhirnya malam tadi saya ngga makan nasi putih. Sebenarnya sebelumnya saya juga pernah mendengar mengenai anjuran untuk mengganti nasi dengan jagung atau beras merah, dan saya pernah mencobanya untuk beberapa saat tapi tidak bertahan lama balik lagi ke nasi putih, hehe… Sekarang saya coba kembali untuk meninggalkan ‘ketergantungan’ akan nasi putih. Jadinya, menu makan malam tadi adalah 1 ikan, 1 perkedel kentang, 1 sayur tempe, 1 martabak mie kecil, 1 jus apel,dan 1 pisang.

Mungkin kombinasi makanannya belum sepenuhnya sesuai dengan yang disarankan pada buku tersebut. Tapi paling tidak, nasi putih sudah bisa disubstitusi dengan perkedel dan buah-buahan. Semoga ngga kelaperan sampai besok pagi😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s