Presentasi Seminar Penelitian


Hari jumat lalu saya ikut mempresentasikan progres penelitian saya yang berjudul “Pemodelan dan Implementasi Antarmuka Web Services untuk Sistem Informasi yang Tersedia di Unpar” di sebuah seminar di jurusan FTIS Unpar. Seminar dihadiri sekitar 7 dosen/peneliti termasuk saya untuk secara bergiliran mempresentasikan progres/hasil akhir penelitian yang dilakukan sepanjang semester ini selama 10-15 menit. Kebanyakan yang hadir berasal dari program studi Matematika dan Fisika.

Beranekaragaman tema riset dipresentasikan, diantara yang saya cukup mengerti yaitu tema tentang penentuan nilai minimum di klasemen Liga Inggris/Premier League agar suatu tim dapat lolos di Liga Champion. Tema tersebut dilengkapi dengan pembuktian dengan teori kombinatorik dan juga hasil simulasi perhitungan dengan menggunakan MatLab. Kesimpulannya agar suatu klub di Premier League pasti lolos poinnya harus 34 1/3 alias 103 (silakan coba dibuktikan sendiri😉 ). Di bawah itu belum tentu bisa lolos. Yang lainnya adalah tentang penyajian yang tepat untuk fenomena efek Hall pada semikonduktor agar bisa mudah dipahami. Sisanya saya tidak begitu mengerti penelitiannya😛

Berikut slide presentasi yang saya gunakan pada seminar tersebut.

Leave a Reply

